Mazda3 Generasi Terbaru Dirilis

Mazda merilis model terbaru Mazda3 perubahannya terlihat signifikan. Mulai dari penampilan serta kelengkapan dan performa mengalami perubahan tidak seperti model pendahulunya. Generasi terbaru ini  jadi debut mesin fenomenal Skyativ-x racikan manufaktur.

Mazda3 tersedia dalam pilihan sedan dan hatchback.  Di bagian depan, versi sedan dan hatchback terlihat identik. Dari wajah, grille besar punya pola sulaman yang berbeda antara sedan dan hatchback.

Namun layout keseluruhan tetap sama. Logo Mazda mengambang ditengah diantara lampu utama yang menyipit. Bagian wajah nampak bersih, minimalis dengan tetap berkarakter dinamis.

Bagian samping terlihat lekukan desain menawan yang terinspirasi dari Vision Coupe. Yang menjadi pembeda model sedan dan hatchback terletak pada pilar-C nya. Bagian buritan belakang model hatchback lebih minim sudut dan ada sayap kecil di atas. Untuk kedua model sudah dibekali dua corong knalpot.

Ada yang menarik bagian interiornya yakni memakai filosofi ” Less is more” sebagai bagian dari desain Kodo generasi kedua. Maknanya, kabin jadi lebih minimalis tapi tetap memberikan yang terbaik. Bagian dasbor tersimak sangat bersih, dengan layar infotainment 8,8 inci mencuat di bagian tengah. Terpisah dari layar infotainment, ada tombol-tombol pengatur AC. Posisinya segaris dengan ventilasi AC bagian penumpang depan. Sedang konsol tengah menaungi kontrol untuk infotainment, tuas transmisi, tombol mode berkendara dan armrest besar.

Untuk bagian pengemudi, ventilasi AC ditempatkan di kedua sisi panel instrumen. Pilar-A disajikan lebih kecil untuk mengurangi blind spot dan meningkatkan visibilitas. Posisi tuas transmisi lebih tinggi dibanding versi sebelumnya agar lebih dengan posisi kemudi.  Tujuannya, agar akses antara lingkar kemudi dan tuas transmisi bisa lebih cepat. Ini terasa signifikan ketika memilih transmisi manual pada Mazda3 baru.

Mazda3 generasi terbaru ini tersedia pilihan transmisi manual 6-speed selain dari otomatis 6-speed. Meski tak dijelaskan untuk varian tipe apa. Karena Mazda3 baru ditawarkan dalam empat pilihan mesin. Skyactiv-G 1.5, 2.0 dan 2.5 liter yang sudah disetel ulang dari generasi sebelumnya. Ada juga pilihan Skyactiv-D 1.8 dan Skyactiv-X. Sayangnya belum dipaparkan soal angka performa mesin. Yang menarik, perdana pada generasi baru Mazda3 punya sistem gerak empat roda AWD. Kombinasikan dengan G-Vectoring Control Plus yang sebelumnya sudah hadir pada Mazda CX-5 terbaru.

Di balik kulit dan bodi Mazda3 anyar ada rangka yang disebut Skyactiv-Vehicle Architecture. Diklaim oleh manufaktur, rangka itu memberi rasa berkendara alami layaknya berjalan menggunakan kedua kaki. Bisa dibilang lebih canggih dari filosofi Jinbaittai sebelumnya. Selain lebih rigid, rangka didukung suspensi McPherson strut di depan dan torsion beam di belakang, menggantikan multi-link pada model sebelumnya.

Dengan rangka baru, dimensi juga disesuaikan. Mazda3 anyar model hatchback sedikit lebih pendek dan rendah bodinya, namun lebih lebar. Sedang model sedan, lebih panjang, lebar dan tinggi. Keduanya punya jarak sumbu roda 2.725 mm, bertambah 25 mm dari Mazda3 lama.

Mazda3 baru juga menawarkan bantuan sistem mengemudi yang canggih. Ada sistem Cruising & Traffic Support yang merupakan cruise control versi pelan untuk lalu lintas padat. Contoh lain, sistem Driver Monitoring, yang memanfaatkan sensor infra merah dan LED untuk obeservasi kondisi pengemudi.

Informasi lengkap lainnya bakal dirilis belakangan. Rencananya, Mazda3 baru bakal dilepas ke pasar global pada awal tahun depan, dimulai dengan pasar Amerika Serikat.