Ini Dia Deretan Mobil Terbang Yang Telah Nyata Keberadaannya.

Mobil Terbang PAL-V Liberty

Mobil terbang merupakan sebuah fantasi dari masa lalu, khayalan tentang kombinasi antara sebuah mobil sebagai kendaraan yang praktis digunakan di darat dengan sebuah pesawat yang mampu terbang dengan bebas di udara. Fantasi yang sepertinya hanya sekedar fantasi bagi mereka yang pesimis. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki pandangan dan visi yang jauh kedepan, fantasi tersebut merupakan sebuah tantangan untuk direalisasikan.  Dan kini, kendaraan yang kita sebut sebagai mobil terbang telah benar-benar hadir dan bahkan hampir berada sejajar diantara jenis kendaraan lain.

Meskipun kehadiran mobil terbang baru terlihat dan terasa pada beberapa tahun belakangan, namun pada kenyataannya kehadirannya tersebut telah diprediksi sejak lama. Salah seorang yang dengan percaya diri dan yakin akan kehadiran mobil terbang di dunia nyata adalah Henry Ford. Pada 1940, pendiri perusahaan otomotif asal Negeri Paman Sam ini berujar, “Mark my word: a combination airplane and motorcar is coming. You may smile, but it will come”.

Sepertinya, kutipan fenomenal Henry Ford tersebut menjadi sebuah “tantangan” bagi beberapa orang untuk merealisasikannya. Diantara yang terpicu untuk melakukannya adalah seorang insinyur Aeronautical yang juga berasal dari Amerika. Dia adalah Molt Taylor dengan project-nya yang diberi nama Aerocar. Bisa dibilang Aerocar merupakan mobil terbang pertama di dunia yang berhasil mendapat sertifikasi sipil meskipun pada akhirnya tidak pernah diproduksi secara masal.

Mobil Terbang Pertama Di Dunia
Aerocar : Mobil Terbang Pertama Yang Dikembangkan Dengan Serius

Setelah sekian lama berlalu dari kehadiran Aerocar, beberapa model mobil terbang kembali muncul dengan desain dan teknologi yang bahkan jauh lebih modern. Bukan hanya pada level personal, bahkan hingga level perusahaan saat ini saling berlomba untuk mengembangkan dan menghadirkan mobil terbang.

Setidaknya terdapat 3 nama mobil terbang yang dapat kita saksikan kehadirannya di era modern saat ini, berikut urutannya;

Mobil Terbang M400 Skycar

M400 Skycar atau Moller Skycar merupakan sebuah mobil terbang yang dibangun oleh Paul Moller dan berhasil didemonstrasikan kemampuannya pada tahun 2001. Desain M400 sangat futuristik ketika dipublikasikan kepada khalayak umum, meskipun secara fisik tampak lebih seperti pesawat jet dengan ukuran mini dibandingkan sebuah mobil yang bisa terbang.

Mobil Terbang Futuristik Seperti Sebuah Pesawat Jet
Mobil Terbang ini hanya sebagai sebuah konsep saja

Menggunakan 4 buah mesin yang ditempelkan pada sisi kanan kiri di bagian depan dan belakang, M400 mampu terbang dan mendarat secara vertikal. Pada video demonstrasi yang dipublikasikan tampak M400 Skycar mampu melayang-layang di udara. Walaupun terlihat belum stabil dan masih diikat menggunakan tali pengaman yang ditambatkan pada sebuah Crane. Adapun kemampuannya di darat sebagai sebuah mobil pun belum pernah ditunjukan atau didemonstrasikan.

Memang, mobil terbang M400 Skycar ini sampai sekarang pun belum pernah diterbangkan secara bebas tanpa pengaman. Maklum, mobil terbang ini masih berstatus prototype alias purna rupa, sehingga belum layak untuk diterbangkan secara bebas. Setelah 17 tahun berlalu dari proses “terbang perdana”nya pun M400 Skycar masih tetap seperti sediakala dan berstatus sebagai sebuah Prototype. Hingga saat ini sepertinya tidak ada investor yang tertarik dan berminat untuk mengembangkan M400 menuju tahapan selanjutnya.

Lihat Video Uji Terbang Skycar Di Sini.

Bahkan, sang pemilik sekaligus pembuatnya dikabarkan ingin menjual prototype M400 Skycar kepada siapapun yang berminat untuk memiliki. Melalui laman e-bay, mobil terbang ini dijual dengan sistem lelang dengan penawaran minimum 1 juta dollar Amerika.

Sayangnya sampai artikel ini dibuat, belum ada seorang pun yang berminat untuk meminang mobil terbang ini. Mungkin diantara alasan yang membuat orang menoleh dan berpikir ulang adalah karena terdapat salah satu syarat yang sangat tak logis berkaitan dengan mobil terbang ini. Yaitu sang pemilik baru nantinya, jika ada yang berminat, tidak diperkenankan untuk menerbangkannya. Kecuali telah mendapatkan ijin dan sertifikasi dari federasi penerbangan resmi di Amerika atau FAA.

Mobil Terbang Terrafugia

Dalam website resminya (www.terrafugia.com) mobil terbang Terrafugia berujar memiliki misi membangun mobil terbang yang praktis untuk digunakan setiap orang. Terrafugia sendiri diambil dari Bahasa latin dengan ejaan “ter-ra-FOO-jee-ah” yang memiliki makna “Escape the Earth”.

Mobil Terbang Terrafugia Dapat Dibeli Tahun Depan (2019)
Terrafugia merupakan mobil terbang yang dikembangkan sejak 2006

Terrafugia menjadi salah satu mobil terbang yang paling banyak dibahas oleh khalayak ramai. Dikembangkan pertama kali pada tahun 2006, mobil ini bisa dikatakan menjadi mobil pertama yang benar-benar mengusung konsep mobil terbang. Kemampuannya sebagai “mobil” atau kendaraan darat yang praktis dan mudah digunakan telah dibuktikan dengan nyata. Adapun kemampuan terbangnya, kendaraan yang kini dimiliki oleh perusahaan otomotif asal China, Zhejiang Geely Holding Group, pun tak perlu diragukan lagi.

Ketika berjalan di darat sebagai mobil, Terrafugia melaju dengan sayap yang melipat dikedua bagian sisinya. Kemampuannya melaju didarat pun terbilang cukup mumpuni, yakni dapat melesat hingga kecepatan 145 Kmj. Adapun kemampuannya di udara sebagai pesawat terbang, terrafugia dapat melesat hingga kecepatan maksimum 185 Kmj dengan jangkauan 805 Km.

Meski dari sisi desain, hingga saat ini Terrafugia masih lebih mirip pesawat mini yang mampu berjalan didarat atau disebut sebagai “roadable aircraft”, namun setidaknya sangat menjanjikan untuk dikembangkan menuju kesempurnaan dimasa datang.

Terrafugia sendiri hingga saat ini masih berupa kendaraan purwarupa dan baru akan diproduksi pada tahun 2019 besok.

Kelemahan Terrafugia sepertinya ketika pada saat akan bertransformasi dari sebuah mobil menjadi pesawat terbang.  Sebab untuk proses tersebut Terrafugia memerlukan landasan pacu untuk terbang sebagaimana pesawat kecil pada umumnya, sekitar 750 meter.

Lihat Video Uji Terbang Terrafugia Di Sini.

Mobil Terbang The PAL-V (Personal Air and Land Vehicle)

Mobil terbang yang satu ini berasal dari negeri Kincir Angin, Belanda. PAL-V atau Personal Air and Land Vehicle merupakan mobil terbang yang dikembangkan sejak tahun 2001. Berbeda dengan mobil-mobil terbang yang dikembangkan sebelumnya, PAL-V melaju di darat sebagai kendaraan roda 3. Pun demikian ketika berubah menjadi pesawat, PAL-V terbang sebagai helikopter bukan “pesawat”.

Kemampuannya melaju baik di darat maupun di udara cukup mengesankan, yaitu hingga kecepatan 160 Kmj ketika melaju sebagai mobil dan 180 Kmj ketika terbang. Adapun proses transformasi dari mobil menjadi pesawat hanya membutuhkan waktu singkat dengan landasan terbang yang dibutuhkan sejauh 330 meter.

Prototype atau purwarupa pertama dinamai PAL-V One dengan uji terbang perdana pada tahun 2012. Adapun versi produksinya dinamai PAL-V Liberty yang rencananya akan mulai diproduksi dan dipasarkan pada 2020 mendatang.

Lihat Video Uji Terbang PAL-V Di Sini.

Selain ketiga jenis mobil terbang diatas, masih terdapat beberapa jenis mobil terbang lain yang hingga kini masih dalam proses pengembangan, diantaranya Aeromobil 3.1, Maveric LSA Flying Car dan lainnya. Detail info mengenai mobil-mobil terbang tersebut akan kami sajikan dalam artikel selanjutnya yang pastinya jauh lebih detail dan komprehensif. Ditunggu ya!

Lihat Juga: Ini Dia 10 Mobil Sport Termahal Di Dunia 2018.