Rincian Varian New Avanza 2019

Toyota memberi kejutan spesial di awal tahun 2019 dengan menghadirkan New Avanza. Ubahannya terlihat menyegarkan meski berstatus hanya facelift. Tampak banyak perubahan pada bagian eksterior dan interiornya bahkan bisa dikatakan model terbaru ini jauh berbeda dengan Avanza versi sebelumnya. Pembaharuan fiturnya terbilang menyegarkan dibanding versi pendahululnya dan membuatnya semakin nyaman dikendarai. New Avanza tersedia dalam tiga varian yaitu 1.3 E, 1.3 G dan 1.5 G. Berikut detail dan perbedaan ketiganya.

New Avanza 1.3 E

Varian paling bawah punya banyak perbedaan. Tersedia dalam opsi transmisi manual dan otomatis, tampilannya termasuk paling sederhana karena varian terendahnya. Harga new Avanza ditawarkan tetap Rp 191,1 juta (MT) dan Rp 202,3 juta (AT). Grille depan tak dihiasi aksen krom pada sisinya. Sedangkan desain belakangnya, menggunakan lampu kombinasi yang lebih sederhana serta garnish berwarna perak. Sepintas desainnya sama seperti model lama, namun bumpernya ada sedikit lekukan dalam di ujung. Peleknya masih kaleng berukuran 14-inci yang tertutup dop.

Spion pun hanya bisa dilipat secara manual, bukan elektrik seperti 1.5 G dan 1.3 G. Di dalam kabin, roda kemudi tidak dilengkapi steering switch. Lalu sistem hiburannya berspesifikasi 2DIN, yang hanya dapat memutar CD, AM/FM, berkoneksi USB dan bluetooth. Tak perlu khawatir soal fitur keselamatan, Toyota tak mengurangi sedikitpun.

New Avanza 1.3 G

New Avanza 1.3 G memiliki semua ubahan tampilan dan fitur yang tersematkan pada varian 1.5 G, termasuk perangkat keselamatan. Pembedanya terletak pada desain baru pelek alloy berukuran 14 inci. Selain itu, head unit berupa layar sentuh hanya mengakomodasi DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX. New Avanza 1.3G ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan harga Rp 208,95 (MT) dan Rp 219,65 juta (AT), sepertinya tetap akan menjadi varian terlaris.

New Avanza 1.5 G

Varian ini hanya tersedia hanya transmisi manual dengan harga Rp 221,25 juta. Posisinya memang tanggung karena masuk teritori Veloz. Wajahnya dilengkapi grille dengan garnish krom yang bersiluet lebih kokoh. Tampak apik berpadu dengan komponen penerangan berteknologi LED. Hal ini dipadukan bumper melebar, sekaligus menjadi rumah lampu kabut yang terkesan kekar. Bagian belakangnya juga punya aura yang tak berbeda dengan depan. Ada sentuhan garnish krom, yang menghubungkan kedua lampu belakang LED. Di sisi samping, dipasang spion yang dapat dilipat secara otomatis melalui pengoperasian tombol di dalam kabin. Sedangkan di atas, terdapat antena berbentuk sirip ikan hiu.

Interior ditransformasi dengan permainan garis detail berbeda. Desain dashboard tampak terdiri dari tumpukan lapisan berbeda, namun kesannya mewah. Konsol tengah disisipi pengontrol pendingin kabin digital,memakai tombol tekan. Di atasnya terlihat ada head unit layar sentuh berfitur mirroring, emergency call, DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB dan Bluetooth.

Perangkat ini bisa dikontrol lewat tombol fungsi pada roda kemudi, sehingga konsentrasi saat menyetir tak terganggu. Guna mendukung keluaran suara optimal, Avanza didukung 6 speaker tersebar di setiap baris. Pada sisi pengemudi, combination meter tampil dalam rupa baru, memudahkan untuk mengetahui semua informasi terkait kendaraan.

Fitur keselamatan model terdahulu dipertahankan pada New Avanza. Adapun perangkatnya antara lain: Dual SRS airbag, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, ABS, ISOFIX, 3-point sabuk pengaman, side impact beam, front passenger seat belt warning.