Rumor Daihatsu Xenia Generasi Terbaru

Terdengar rumor kemunculan Xenia model terbaru semakin santer terdengar. Kabarnya juga penjualan Xenia sepanjang tahun banyak terkoreksi lantaran kompetisi. Hadirnya Daihatsu Xenia model baru harus mempunyai kekuatan untuk bersaing yakni di sektor dapur pacu menggendong mesin 1.5 liter, penambahan airbag, tambahan airbag, stability control, lampu LED dan cruise control.

Kelima hal itu bisa menjadi kekuatan senjata bagi Daihatsu untuk menarik perhatian konsumen yang saat ini dihuni banyak pesaing. Meski beberapa keunggulan Xenia yang ada, senantiasa dipertahankan. Nah, untuk lebih detail apa saja yang mesti dimiliki Xenia, kami jabarkan satu-persatu.

1. Dapur pacu

Daihatsu Xenia telah banyak dijual saat ini hanya dibekali mesin berkapasitas 1.3 liter. Daihatsu sempat menyediakan Xenia bermesin bensin 1 liter saja namun tak lama dihapus karena bersenggolan dengan Sigra. Sekarang saatnya Xenia naik kelas menawarkan mesin berkapasitas 1.5 liter bagi Daihatsu sendiri hal tersebut tidak sulit karena bisa menggunakan mesin berkode 2NR-FE I4 DOHC EFI Dual VVT-i dari Avanza.

Penamabahan fitur pada mesin sejajar dengan strategi pabrikan. sebagai salah satu sample Daihatsu potongan harga yang tipis. Xenia membungkus 10 ordo bisa mengunggah pada market yang lebih besar. Penentuan mesin 1,5L bisa menambah jarak pada pelanggan. Banyaknya model adalah bagian dari mengikuti perkembangan kompetisi yang ada.

2. Tambahan Airbag

Penambahan airbag otomatis ada kenaikan biaya produksi dan harga jual produk. Bila saja Daihatsu menambahkan airbag pada Xenia terbaru nanti konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli karena konsumen sekarang sudah memperhatikan fitur keamanan pada mobilnya. Jika Toyota menyematkan Avanza enam airbag makan Xenia harus punya minimal 4 airbag Andai Avanza dibekali enam airbag, Xenia minimal harus punya empat. Misalkan dua buah dipasang di baris depan, selebihnya disematkan pada bagian penumpang.

3. Lampu LED dan DRL

Perkembangan teknologi lampu kendaraan semakin melesat. Saat ini, pencahayaan mobil mulai menggunakan teknologi light-emitting diode (LED). Kelebihannya, jenis ini menjanjikan sinar yang lebih terang dan konsumsi listrik yang rendah. Selain itu, teknologi yang dimilikinya juga diklaim memiliki lifetime yang lebih baik. Maka Xenia baru wajib punya.

Selain melihat manfaat LED, jika penyematan dibarengi Day Running Light (DRL) niscaya dapat meningkatkan ketampanan mobil. Menjadi makin sedap dipandang jika LED ditempatkan pada grille besar, yang sedang digandrungi banyak khalayak.

4. Stability Control

LMPV sekarang ini seperti Mitsubishi Xpander ( varian teratas), Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga sudah disematkan teknologi Vehicle Stability Control (VSC) meski dengan sebutan berbeda. Karenanya fitur ini sangatlah penting teruntuk mobil keluarga yang membawa banyak penumpang, hanya dua kembar Avanza dan Xenia yang masih minus.

Seberapa perlu? VSC berfungsi menjaga putaran roda agar terhindar dari selip, ketika mobil berakselerasi. Gejala itu terjadi lantaran permukaan jalan yang licin, sehingga roda tidak punya daya cengkeram yang cukup.

Untuk mencegah overspin, biasanya sensor terpasang memberi info pada ECU. Selanjutnya ‘otak’ mobil ini segera membatasi tenaga mesin. Caranya pun beragam. Bisa dilakukan dengan mengurangi throttle, suplai bahan bakar atau mematikan salah satu busi.

5. Cruise Control

Tidak berlebihan rasanya jika cruise control dimiliki Xenia. Pasalnya, teknologi ini punya segudang manfaat. Anda tak perlu repot menginjak pedal gas secara konstan saat berseluncur di jalan tol, misalnya. Cruise control bisa membuat mobil terus berjalan dan naik turun kecepatan hanya dioperasikan dengan menekan tombol di lingkar kemudi saja. Fitur ini cocok dibubuhkan pada varian kasta tertinggi.

Selain deretan fitur yang harus ada, salah satu petinggi Daihatsu Indonesia memaparkan, tetap mempertahankan kelebihan Xenia. “Kalaupun ada model baru, keunggulan yang dimiliki Xenia tetap dipertahankan. Misalnya mesin yang irit bahan bakar, kuat, ruang kabin yang lega dan penggerak roda belakang harus ada. Itulah kenapa Daihatsu Xenia tetap digemari masyarakat, meski ada sedikit penurunan karena adanya pemain baru,” terang Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM