Suzuki Jimny Rilis di Jepang

Suzuki Jimny Sierra resmi sudah mengaspal di Jepang. Kehadirannya banyak ditunggu para penggemarnya diberbagai belahan dunia. All-New Jimny, seperti dijelaskan Suzuki dalam situs resmi mereka, meluncur pada 5 Juli di ‘Negeri Sakura’. Generasi termutakhir dari sport utility vehicle (SUV) ikonik Suzuki tersebut muncul setelah 20 tahun.

Publik Indonesia pun sampai saat ini hanya bisa berharap atas sedikitnya peluang yang akan diberi PT Suzuki Indomobil Sales untuk memasukkannya ke tanah air. Kabarnya Jimny generasi keempat ini akan dipamerkan di pameran otomotif bergengsi GIIAS 2018 yang akan segera berlangsung perhelatannya.

Eksterior Suzuki Jimny

Suzuki Jimny rilis di Jepang

 

Bila dilihat bagian eksteriornya khususnya dibumper Sierra lebih lebar dibanding Jimny dan ada tambahan cladding dibagian sisi samping serta penggunaan ban yang lebih besar yang menjadi pembeda varian ini. Terdapat 2 grade pada Jimny Sierra, yakni JC dan JL. Grade JL mendapat Front multi-reflector halogen fog lamp, AC digital, keyless push-button engine start, electrically retractable ORVMs, smoked glass dan pelek berukuran 15 inci.

Dapur Pacu Suzuki Jimny

Mesin yang digunakan pada varian Jimny Sieera berkapasitas 1.500cc dan tersedia dalam transmisi manual maupun otomatik selain itu juga kedua varian ini menganut Part-time 4WD. Salah satu varian yang memiliki kapasitas mesin kecil dipasarkan khusus untuk pasar domestik, All-New Jimny hanya mempunyai mesin bensin R06A berkapasitas 0.66-liter dengan penambahan turbo. sedangkan varian lain bernama Jimny Sierra disediakan bagi pasar global. Belum dijelaskan apakah Jimny Sierra nantinya bakal menyambangi Indonesia.

Untuk generasi terbaru Jimny, Suzuki masih menggunakan sasis tangga (ladder frame) dengan mesin yang terletak di depan, penggerak roda belakang, mode 4WD dengan transfer gear rendah, serta 3-link rigid axle suspension. Masih ada pula Brake Limited-Slip Differential (LSD) Traction Control yang menjadi perangkat standar di semua varian demi performa off-road tinggi.

Fitur Suzuki Jimny

Soal keamanan, All-New Jimny antara lain sudah diberkahi fitur-ftur Suzuki Safety Support. Desain eksteriornya yang sangat khas tak banyak diubah. Suzuki hanya meningkatkan fungsionalitas di aspek eksterior dan interior, selain memperluas visibilitas pengemudi, kelegaan kabin, dan kemudahan menggunakan bagasi.

Harga Suzuki Jimny

Di Jepang, banderol All-New Jimny bermesin kecil dimulai dari 1.458.000 yen hingga 1.906.200 yen (Rp 189,7 – 248,05 juta). Adapun Jimny Sierra dilabeli 1.760.400 – 2.062.800 (Rp 229,08 – 268,43 juta).

Lihat juga: Harga Daihatsu Terios Terbaru 2018 dan Spesifikasi