Suzuki Pick Up Terbaru Segera Meluncur

Suzuki dikabarkan akan meluncurkan produk terbarunya di gelaran pameran otomotif bertajuk Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Bahkan, unit itu digadang-gadang berstatus World Premiere alias pertama di dunia. Modelnya, Suzuki Carry Pickup terbaru.

Info ini didasari dari pernyataan Project Director IIMS 2019, Hendra Noor Saleh beberapa waktu lalu. Ia mengungkapkan, pabrikan berlambang S memanfaatkan panggung pameran otomotif itu untuk event besar. Sayangnya, ia tak mengungkapkan modelnya.

Keterangan Hendra divalidasi oleh undangan yang kami terima hari ini (18/4). PT Suzuki Indomobil Sales akan menghadirkan New Carry Pickup. Bahkan, SIS menyebut akan menunjukkan secara eksklusif, model kendaraan niaga ini di hadapan media, sebelum perhelatan IIMS.

Prediksi ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Pada Januari lalu, Suzuki diberitakan menghentikan produksi pikap andalannya itu. Ini mengindikasikan adanya pembaruan. Selain itu, Carry yang sudah hadir cukup lama di Indonesia tak banyak regenerasi.

Gambar mobil anyar ini sudah beredar di jagad maya. Carry 2019 mendapat beragam ubahan, tak hanya tampilan tapi juga fungsionalitasnya. Dari bocoran di media soaial, rupanya terlihat melebar. Mungkin ini disebabkan penggunaan sasis baru yang diklaim lebih kuat. Alhasil kabinnya lebih lebar dan ukuran bak lebih luas. Bahkan, Carry terbaru mampu mengangkut barang lebih banyak dan bobot lebih berat.

Kabinnya turut direvisi agar semakin modern. Posisi tuas transmisi ditempatkan di dashboard, menjadikan ruang semakin lega. Guna memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang tepat dan nyaman, joknya bisa diatur (maju-mundur).

Untuk fiturnya, Suzuki sepertinya ingin memberikan kenyamanan optimal. Head unit 1DIN tampak terpasang di tengah dashboard. Kompartemen penyimpanan, banyak tersebar di area ini. Namun peranti yang paling menarik ada di sistem keamanannya, immobilizer. Artinya, mobil mampu mengantisipasi tindak pencurian lebih maksimal dibanding generasi sebelumnya.

Jantung mekanis berdasarkan brosur yang muncul di jejaring sosial, bukan unit lama berkode G15A melainkan K15B. Mesin ini mirip dengan milik Ertiga dengan kubikasi 1.5-liter. Bisa jadi pengubahan ini disebabkan standar emisi yang perlu ditingkatkan. Sayangnya, belum ada informasi lebih jelas terkait keluaran tenaga dan momen puntirnya.

Menurut akun Instagram @suzukitsa, New Carry ditawarkan dalam 4 varian. Untuk flat deck standar dibanderol Rp 144 juta, sedangkan yang dilengkapi pendingin kabin dan power steering seharga Rp 152,5 juta. Pilihan lainnya, wide deck standar yang ditawarkan Rp 147 juta. Angkanya beda Rp 8,5 juta versi air conditioner dan power steering atau tepatnya Rp 155,5 juta.

Namun, seluruh harga itu belum diketahui berlaku untuk wilayah mana. Penasaran? Kita tunggu saja kejutan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merek Suzuki di Indonesia pada ajang IIMS 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dari 25 April sampai 1 Mei.