Wuling Almaz Resmi Mengaspal di Indonesia

Wuling Almaz resmi diluncurkan melalui PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) selaku distributor resminya. SUV asal negeri Cina ini dinamakan dari bahasa Arab, Almaz.Pemberian nama Almaz sendiri bukan tanpa alasan. Menurut pihak Wuling, kata Almaz diambil dari Bahasa Arab yang berarti berlian.

“Almaz berarti berlian, dari Bahasa arab. Berlian itu sesuatu yang sangat cantik, kuat dan berharga, Dari filosofi berlian itu maka kami memberikan nama Almaz untuk SUV terbaru kami,” jelas Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors di Sentul, Jawa Barat, Rabu (23/01).

Desain Wuling Almaz tak mengalami perubahan dengan model konsepnya yang pernah di pamerkan saat pameran otomotif Agustus tahun lalu. Hanya ada sedikit penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dikatakan Cindy Cai, Vice President Wuling Motors, Almaz menggunakan platform yang benar-benar baru.

Berbagai teknologi juga disematkan, seperti lampu LED dan headunit berukuran 10,4 inci. Menariknya, komponen berupa layar sentuh ini dilengkapi beragam fungsi, antara lain : vehicle setting, TPMS (Tire Pressure Monitoring System), 360 camera, pengatur pendingin kabin, WulingLink, AUX, USB, Bluetooth dan Radio (AM/FM). Sampai-sampai Wuling menyebutnya sebagai Smart Multimedia SUV.

Untuk menambah kenyamanan, Wuling menanam panoramic roof berukuran 0,82 meter persegi, dipadukan sunroof 0,27 meter persegi. Keberadaannya mampu meningkatkan tampilan mewah SUV berkapasitas 5 penumpang ini.

“Ini merupakan produk ke empat yang diluncurkan dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun. SGMW sebagai pemain di industri otomotif Cina dengan penjualan terbesar selama 13 tahun berturut-turut, memiliki kekuatan untuk terus menghadirkan produk yang sesuai dengan tren dunia,” ucap Cindy Cai, Vice President Wuling Motors di Sentul, Jawa Barat, Rabu (23/01).

Mesin yang digunakan 1.500 cc berteknologi turbocharger. Wuling memastikan durabilitas yang dimiliki terbaik, lantaran sudah melewati uji 10 ribu jam dan 300 ribu kilometer. Tenaganya mencapai 141 PS di 3.500 rpm dengan momen puntir maksimum 250 Nm di 1.600-3.600 rpm. Mereka mengklaim punya torsi terbesar di kelasnya. Keseluruhan daya pendorong disalurkan ke roda melalui sistem continuously variable transmission (CVT) 8-percepatan, sehingga memberikan pengalaman mengemudi lebih halus.

Disediakan pula driving mode : Economic dan Sport. Uniknya, komponen ini punya kemampuan belajar sendiri alias mengidentifikasi gaya berkendara si pengemudi.

Meski telah diumumkan kehadirannya, Wuling masih menutup rapat banderolnya. Produsen mobil yang punya pabrik di Cikarang, Jawa Barat ini, hanya memberikan bocoran bahwa harganya bakal dirilis kuartal satu 2019.